Senin, 14 November 2011

PELATIHAN P2S DI CIANJUR

0

Senin, 14 Nopember 2011. Pelatihan pelaksanaan rehabilitasi dan pembangunan RKB dalam rangka peningkatan mutu SMP kementrian pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal pendidikan dasar direktorat pembinaan sekolah menengah pertama 2011 di Hotel Palace Jl. Raya Cipanas, Cianjur Jawa Barat ini akan berlangsung mulai tanggal 14 sampai dengan 17 Nopember 2011. Acara ini dihadiri kepala sekolah dan ketua Panitia Pembangunan Sekolah (P2S)/Panitia Rehabilitasi Sekolah (PRS) dari 240 sekolah dari beberapa Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali penerima BG rehabilitasi dan pembangunan RKB APBNP tahun 2011. Dalam hal ini SMPN 4 Tulakan termasuk salah satu pesertanya dengan mengirim kepala sekolah (Bambang Susanto, S.Pd.) dan Gunawan, S.Pd.  SMP negeri 4 Tulakan memperoleh BG untuk rehabilitasi 4 ruang kelas dengan total bantuan 360 juta rupiah.
Peserta pelatihan ini merupakan pelanggan special  hotel palace karena  merupakan pengguna pertama yang menempati Hotel Palace setelah diresmikan. Adapun peresmian (grand opening) hotel ini  juga berlangsung pada tanggal 14 Nopember oleh menteri pariwisata dan ekonomi kreatif . sedangkan grand opening pelatihan pelaksanaan rehabilitasi dan pembangunan RKB ini dibuka oleh kabid prasarana direktorat pembinaan SMP Bapak Drs. Dedi Karyana, M.Pd.
Tujuan pelatihan ini adalah: (1) Sosialisasi program kerja direktorat pembinaan SMP secara umum, (2) Sosialisasi program Block Grant rehabilitasi dan pembangunan RKB, (3) memberikan pembekalan administrasi, teknis dan pengelolaan keuangan bagi panitia pembangunan sekolah, (4) memberikan tentang RKS dan RKAS nara sumber Drs. Kir Haryana, M.Pd., (5) memberi pembekalan tentang perawatan gedung sekolah, (6) memberi pembekalan tentang kewirausahaan dan pengembangan profesionalitas kepala sekolah yang efektif, (7) sosialisasi pendidikan karakter dan pengembangan silabus yang terintegrasi dengan pendidikan karakter, (8) sosialisasi tentang pengembangan prasarana sekolah, (9) memberikan contoh tentang rehabilitasi sekolah, pembengunan RKB dan perawatan sekolah.
Materi pelatihan: (1) kebijakan direktorat pembinaan SMP, (2) Pemahaman umum mekanisme program BG rehabilitasi dan pembangunan RKB, (3) kebijakan pengelolaan dana bagi panitia pembangunan sekolah, (4) manajemen perawatan gedung sekolah, (5) tugas pokok dan kepemimpinan kepala sekolah, (6) kewirausahaan dab kepemimpinan kepala sekolah, (7) RKS dan RKAS, (8) pendidikan karakter, (9) pengembangan silabus dan RPP yang terintegrasi dengan pendidikan karakter, (10) perencanaan pengembangan sekolah, (11) best practice rehabilitasi dan pembangunan ruang kelas baru, (11) peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan.
Direktorat jenderal pendidikan dasar, kementrian pendidikan nasional melalui direktorat pembinaan SMP pada akhir tahun 2011, melaksanakan program ini merupakan tindak lanjut “pencanangan gerakan nasional penuntasan rehabilitasi gedung SD-SMP” pada tanggal 26 september 2011. Seluruh ruang belajar yang rusak berat dan rusak total diupayakan dapat direhabilitasi pada tahun 2012. Perawatan gedung sekolah dengan ditunjang manajemen sekolah yang efektif baik pengelolaan sarpras dan PBM, sehingga menumbuhkan budaya sekolah yang baik dan sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting